Categories
Tech

Processor Tablet Tercanggih

Processor Tablet Tercanggih – Kurang lebih dua tahun sudah Intel malang-melintang di platform mobile, khususnya Android (tab let dan smart- phone) dengan prosesor andalannya, Intel Atom. Bebe- rapa produk Android berbasis Intel yang resmi masuk ke Indonesia yaitu Acer Liquid C1, ASUS Fonepad, Samsung Galaxy Tab 3 10.1, dan Lenovo K900. Acer Liquid C1 dan ASUS Fonepad mengandalkan CPU single-core, sedangkan Samsung Galaxy Tab 3 10.1 dan Lenovo K900 hadir dengan CPU dual-core. Meski harus berhadapan dengan perangkat lain dengan CPU dual dan quad-core, performa dari Intel Atom tersebut masih menjadi lawan yang seimbang. Kini, Intel sudah benar-benar memiliki CPU mobile untuk tablet dengan jumlah core murni sebanyak empat inti. Intel Atom quad-core terbaru ini masuk ke dalam keluarga Intel Bay Trail-T. Intel bay Trail sendiri terdiri dari tiga varian, yakni Bay Trail-T (untuk tablet), Bay Trail-M (untuk notebook), dan Bay Trail-D (untuk desktop). GPU Intel Gen7 Intel Atom next-gen, Intel Atom quadcore, Intel Bay Trail-T, atau apapun sebutannya, sebenarnya adalah sebuah SoC.

Berbeda dengan CPU (central processing unit) yang merupakan sebuah prosesor murni, SoC (system-on-chip) adalah sebuah inti yang terisi oleh dua atau lebih chip di dalamnya. Dalam hal ini, SoC Intel Atom terbaru dari Intel tak hanya memiliki prosesor dengan empat core inti, namun juga dilengkapi dengan chipset grafis Intel Gen7 atau yang biasa dikenal dengan nama Intel HD Graphics. Manfaat dari menyatunya prosesor dan chipset grafis ini tak lain adalah proses komputasi yang lebih cepat dan harmonis karena letak keduanya yang berdekatan. Dengan dirilisnya Intel Atom terbaru ini, dipastikan akan semakin meramaikan pasar tablet, baik tablet berbasis Microsoft Windows maupun tablet berbasis Android. Jika Anda sudah pernah mencicipi tablet Android berbasis Intel generasi pertama dan cukup puas dengan hasilnya, Anda akan merasa lebih puas lagi nantinya ketika menggunakan tablet berbasis Intel Atom quad-core.

Pasalnya, baik tablet maupun smartphone seperti Samsung Galaxy Tab 3 10.1 dan Lenovo K900 masih menggunakan Intel Atom dual-core. Sedangkan sektor grafisnya mengandalkan GPU dari PowerVR. Namun siapa sangka, performa, feature, maupun ketahanan baterainya mampu menyaingi perangkat yang berada setingkat di atasnya. Tablet jenius Sebelumnya, hampir seluruh tablet yang diciptakan hanya berfungsi sebagai sarana hiburan saja. Mendengarkan musik, browsing, menonton cuplikan video, memainkan game sederhana, atau sesekali mengolah foto. Sedangkan fungsi tablet sebagai pendukung pekerjaan hanya sebatas membaca dan berkirim email saja. Selain bentuk yang kurang mendukung, hardware dan software untuk menunjang produktivitas juga belum terlalu banyak. Namun itu dulu. Keadaan sekarang sudah jauh berbeda. Di kuartal pertama tahun 2014 ini, sudah ada dua tablet berbasis Intel Atom quad-core yang bisa Anda miliki. Acer menjadi yang pertama dengan produk Iconia W4 disusul oleh ASUS dengan Transformers T100. Keduanya tampil identik dengan beberapa kesamaan, antara lain sama-sama bersistem operasi Windows 8 dan sama-sama memiliki keyboard fisik tambahan. Dengan berbekal otak yang lebih cerdas dan responsif, tablet seperti Acer W4 dan ASUS T100 jadi lebih nyaman digunakan, bahkan untuk hal-hal yang bersifat produktif sekalipun

Leave a Reply

Your email address will not be published.