Categories
Umum

Kenali Segera Ciri Ciri Tipes Pada Anak Sebelum Terlambat

Penyakit tipes umumnya menyerang usus dan tidak pandang usia. Karena penyakit tipes bisa menyerang orang dewasa ataupun anak – anak. Penyakit tipes ini merupakan penyakit yang muncul akibat infeksi dari bakteri Salmonella Typhi.

Anak – anak lebih rentan terserang penyakit tipes karena kemungkinan mereka jajan di sembarang tempat. Seringkali anak – anak tidak memperhatikan kebersihan jajanan yang mereka makan.

Apalagi jika mereka tidak mencuci tangan sebelum memegang makanan. Untuk mencegah penyakit tipes, tanamkan sejak dini kebiasaan mencuci tangan dengan menggunakan sabun pada anak sebelum mereka menyentuh makanan. Gunakan sabun yang diformulasikan khusus mampu membunuh kuman.

Penyakit tipes yang menyerang orang dewasa maupun anak – anak harus segera ditangani. Masa inkubasi bakteri masuk ke dalam tubuh hingga berkembang dan menjadi gejala tipes pada anak umumnya memerlukan waktu sekitar 24 jam hingga 27 jam

Walaupun pada awalnya hanya menimbulkan gejala – gejala ringan tetapi jika dibiarkan dan tidak segera ditangani akan menyebabkan penyakit tersebut semakin parah. Bahkan dapat menyebabkan komplikasi organ lainnya.

Sebagai orang tua pasti Anda tidak ingin anak Anda terserang penyakit tipes. Untuk itu sebaiknya Anda mengenal ciri – ciri tipes pada anak, sehingga Anda bisa mengantisipasi dan segera memberikan penanganan apabila penyakit tipes menyerang.

Ciri – ciri tipes pada Anak

Gejala penyakit tipes pada anak yang tidak segera mendapatkan penanganan dengan baik dan benar dapat membahayakan nyawa anak. Apalagi jika anak Anda masih bayi, Anda harus lebih waspada. Gejala tipes pada bayi lebih sulit terdeteksi karena biasanya bayi hanya menunjukkan gejala rewel saat dia merasa tidak nyaman ataupun sakit.

Dna berikut di bawah ini adalah ciri – ciri tipes pada anak yang perlu Anda waspadai, diantaranya:

1. Demam tinggi

Ciri – ciri tipes pada anak diawali dengan munculnya demam yang sangat tinggi pada anak. Suhu tubuh anak dapat meningkat 39 derajat celcius hingga 40 derajat celcius. Namun karena demam ini masih naik turun pada awal kemunculannya sehingga cukup sulit didiagnosis. Biasanya setelah 3 hari demam dapat didiagnosis oleh dokter.

2. Anak rewel dan susah tidur

Biasanya penyakit tipes menyebabkan badan terasa pegal dan otot yang terasa sakit. Anak – anak yang terserang penyakit tipes biasanya menjadi sering rewel karena merasa badannya sakit dan tidak nyaman sehingga kerap kali membuat anak jadi susah tidur.

3. Anak tidak selera makan

Anak yang terserang penyakit tipes nafsu makannya akan hilang sehingga mereka tidak berselera untuk makan. Jika anak Anda mengalami kehilangan nafsu makan sebaiknya segera Anda cari penyebabnya. Walapun anak kehilangan nafsu makannya, pastikan anak tetap mendapatkan nutrisi yang cukup.

4. Sakit perut disertai mual dan muntah

Bakteri Salmonella Typhi yang masuk ke saluran pencernaan akan menginfeksi usus. Infeksi ini menyebabkan sakit perut karena usus menjadi terluka. Infeksi ini biasanya terjadi di perut bagian kiri dimana usus dua belas jari yang terinfeksi berada.

Terkadang orang tua mengira anak mereka mengalami maag tapi Anda harus waspada karena bisa jadi itu merupakan ciri – ciri penyakit tipes pada anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.