Categories
Umum

Bagaimanakah Cara Mengobati Gondongan yang Benar?

Wajah bengkak tanpa sebab yang pasti? mungkin saja itu gondongan dan simak informasi mengenai cara mengobati gondongan di web kami selengkapnya

Diagnosis gondongan

Meskipun gondongan bukan salah satu penyakit serius, namun penyakit ini sangat mempengaruhi penampilan dan daya gerak tubuh. Oleh karena itu Anda harus periksa ke dokter untuk mendapatkan terapi atau obat.

Bagi Anda yang percaya pada pengobatan tradisional, hal tersebut juga baik untuk dicoba. Di kampung-kampung ada kepercayaan bahwa gondongan dapat disembuhkan melalui pengobatan dukun. Hal itu tidak salah selama si dukun menggunakan obat-obatan tradisional yang biasanya dioleskan.

Pengobatan harus dilakukan karena gondongan bisa saja memicu penyakit yang lain seperti radang amandel.

Bagaimanakah Cara Mengatasinya?

Sebenarnya cara mengobati gondongan memiliki pemahaman yang sederhana, yaitu apabila sistem kekebalan tubuh kuat maka gondongan dapat hilang dengan sendirinya. Untuk memicu hal tersebut terjadi, maka mengkonsumsi makanan yang mengandung zat baik dapat dilakukan.

Minumlah air mineral dan hindari minuman yang mengandung asam agar tidak merangsang kelenjar parotis untuk menghasilkan liur semakin banyak. Hal itu bisa semakin memperbesat kerja kelenjar yang dalam keadaan tidak baik.

Mengompres bagian yang bengkak dengan air hangat juga efektif untuk meredakan rasa sakit. Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi bahan makanan lunak selama gondongan masih terjadi. Hal itu agar tidak membuat otot di sekitaran kelenjar parotis menegang.

Obat-obat pereda rasa sakit dan nyeri seperti ibuprofen dan paracetamol juga bisa diminum sesuai kebutuhan. Dua obat tersebut bukan merupakan merek produk, melainkan jenis kandungan obat. Ada beberapa merek obat yang mengandung dua bahan tersebut yang dapat dibeli bebas di apotek.

Cara mengobati gondongan biasanya memakan waktu hingga satu minggu atau bisa saja lebih. Selama itu, penderita sebaiknya beristirahat dengan cukup.

Komplikasi gondongan

1. Orchitis atau peradangan testis. Hal ini bisa bermula ketika 4-8 hari setelah pembengkakan kelenjar parotis pada seseorang yang berusia tanggug atau pubertas.

Hal ini dapat dikurangi gejalanya dengan pengompresan atau pemberian obat berkandungan paracetamol atau ibuprofen.

2. Radang otak atau ensefalitis. Ini sebenarnya jarang terjadi, namun dapat berakibat sangat fatal apabila benar-benar terjadi.

Oleh karena itulah pengobatan gondongan juga jadi penting.

3. Meningitis virus. Meningitis yang dimaksud ini berbeda dengan meningitis yang disebabkan oleh bakteri.

Meningitis virus membuat penderitanya mengalami flu, sakit kepala, leher kaku, dan mata merasa sensitif terhadap cahaya. Hal ini memerlukan pengobatan hingga dua minggu lamanya jika benar-benar terjadi.

4. Pankreatitis akut. Jika gondongan tidak kunjung sembuh dan justru terdapat gejala diare, demam, mual, dan hilang nafsu makan maka bisa saja itulah yang dimaksud pankreatitis akut.

Penyakit ini harus diobati di rumah sakit karena menggunakan perawatan yang serius.

5. Pembengkakan indung telur. Pada perempuan yang memasuki masa pubertas, gondongan dapat menyebabkan pembengkakan ovarium.

Hal ini akan reda apabila gondongan juga sudah bisa diatasi oleh tubuh.

Nah, sahabat, itu tadi adalah ulasan singkat mengenai gondongan dan cara mengobati gondongan. Untuk mencegahnya,

Anda dapat melakukan imunisasi MMR atau dengan menjaga kebersihan tangan saat akan makan serta menjaga eksklusifitas peralatan makan dan mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.